Bagaimanakah Wujud Dabbatul Ardh? Binatang Melata yang Muncul dari Perut Bumi Jelang Hari Kiamat

>
Bagaimanakah Wujud Dabbatul Ardh?
Ilustrasi. [Foto: lampuislam.org]

Bagaimanakah Wujud Dabbatul Ardh? Binatang Melata yang Muncul dari Perut Bumi Jelang Hari Kiamat│Dabbat (Bahasa Arab) dapat di artikan sebagai binatang  buas, biantang melata atau binatang raksasa. Sedangkan al-Ardh memiliki arti bumi, namun secara bahasa (Bahasa Indonesia) Dabbatul Ardh memiliki maksud sebagai Binatang yang melata di tanah.

Berdasarkan Al-Quran dan Hadist, Dabbatul Ardh merupakan binatang melata yang keluar menjelang datangnya hari kiamat. lalu timbul pertanyaan, bagaimana sebenarnya ciri-ciri dari Dabbatul Ard ini? apa alasan munculnya Dabbatul Ardh ini menjelang kiamat? berikut adalah uraian singkatnya:

Ciri fisik Dabbatul Ardh.
Derdasarkan QS. An-Naml ayat 28 dan Hadits Dabbatul Ard memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
1.      Binatang ini memiliki bentuk tubuh yang besar. Diumpamakan binatang ini adalah bila ia keluar dari bukit Shafa dengan kecepatan kuda dalam 3 hari, maka sepertiga tubuhnya belum kelihatan
2.      Tubuhnya memiliki bulu panjang, roma pendek, dan halus
3.      memiliki beberapa kaki.
4.      Termasuk jenis binatang melata dan buas
5.      Memiliki kemampuan berbicara dengan manusia

Berdasarkan Hadits, Dabbatul Ardh ini akan muncul di Kota Mekkah dekat dengan gunung Shafa setelah peristiwa terbitnya matahari dari sebelah barat. Binatang ini keluar dengan membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman. dan Binatang melata ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, setelah peristiwa Matahari terbit dari Barat, ia akan berbicara dengan kata-kata yang fasih dan jelas. Hal ini sesuai dengan HR. Abu Dawud Ath Thayalisi, Ahmad dan Ibn Majah, dari Hammad bin Salamah dari Abi Hurairah. bahwa Rasulullah bersabda:
“Binatang bumi itu akan keluar dengan membawa Tongkat Musa dan Cincin Sulaiman, maka ia akan mencap hidung orang kafir dengan tongkat dan akan membuat terang wajah orang Mu’min degan cincin, sehingga dengan demikian apabila telah berkumpul beberapa orang-orang yang makan di suatu meja hidangan, maka salah seorang dari mereka akan berkata: “Makanlah ini wahai orang Mu’min” dan “makanlah ini wahai orang kafir.” (HR. Abu Dawud Ath Thayalisi, Ahmad dan Ibn Majah). 

Munculnya Dabbatul Ardh Menjelang Kiamat
Sungguh tidak ada yang sia-sia dengan segala cipataan Allah SWT. segalanya pasti memiliki maksud dan tujuan dari Allah SWT. Begitu juga dengan Dabbatul Ardh ini, berikut adalah beberapa alasan munculnya Dabbatul Ardh menjelang hari kiamat.
1.       Binatang ini menegaskan bahwa manusia sudah tidak percaya dengan isi atau ayat-ayat Alqur’an
2.       Dengan tongkat yang dibawanya, binatang ini membuat tanda pembeda antara wajah orang mukmin dengan yang non mukmin
3.       Dabbatul Ardh akan menjerit di sekitar makam Nabi Ibrahim dan Hajar Aswad dengan menebarkan tanah di atas kepalanya. Binatang ini akan menghadap ke timur dan menjerit lalu menghadap ke arah barat dan menjerit lagi.
4.       Suara jeritan Dabatul Ardh disekitar makam Nabi Ibrahim dan Hajar Aswad itu dapat memberi ketakutan bagi orang kafir sehingga setelah mendengar jeritan itu mereka menjadi panik dan lari. Namun sebaliknya jeritan binatang ini terdengar biasa bagi orang mukmin, sehingga mereka tetap pada tempatnya.
5.       Dabbatul Ardh keluar setelah Ya’juj Ma’juj telah mengalami kepunahan akibat serangan virus dari Allah SWT.

Demikianlah ulasan singkat tentang Dabbatul Ardh, binatang melata yang keluar dari perut bumi menjelang kiamat. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi semuanya.


Sumber: serunik.com.


= = = =
*Silakan di share! semoga menjadi ilmu yang bermanfaat^V^

0 Response to "Bagaimanakah Wujud Dabbatul Ardh? Binatang Melata yang Muncul dari Perut Bumi Jelang Hari Kiamat"

Post a Comment